Sejarah mata uang Indonesia

Diposting oleh arriffinesa pada 14:12, 14-Mei-16 • Komentar (0)
01062.jpg Nama rupiah sering dikaitkan dengan rupee mata uang India, namun sebenarnya menurut Adi Pratomo, salah satu sejarawan uang Indonesia, rupiah diambil dari kata rupia dalam bahasa Mongolia. Rupia sendiri berarti perak. Memang sama dengan arti rupee, namun rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia karena adanya penambahan huruf ’h’ di akhir kata rupia, sangat khas sebagai pelafalan orang-orang Jawa. Hal ini sedikit berbeda dengan banyak anggapan bahwa rupiah adalah salah satu unit turunan dari mata uang India. Rupee India sebenarnya juga dapat dikatakan sebagai turunan dari kata rupia itu sendiri, dengan begitu rupiah Indonesia memiliki tingkatan yang sama bukan sebagai unit turunan dari mata uang India tersebut. Pada masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah namun menggunakan mata uang resmi yang dikenal sebagai ORI. ORI memiliki jangka waktu peredaran di Indonesia selama 4 tahun, ORI sudah mulai digunakan semenjak 1945-1949. Namun, penggunaan ORI secara sah baru dimulai semenjak diresmikannya mata uang ini oleh pemerintah sebagai mata uang Indonesia pada 30 Oktober 1946. Pada masa awal, ORI dicetak oleh Percetakan Canisius dengan bentuk dan desain yang sangat sederhana dan menggunakan pengaman serat halus. Bahkan dapat dikatakan ORI pada masa tersebut merupakan mata uang yang sangat sederhana, seadanya, dan cenderung berkualitas kurang, apalagi jika dibandingkan dengan mata uang lainnya yang beredar di Indonesia. Pada masa awal kemerdekaan tersebut, ORI beredar luas di masyarakat meskipun uang ini hanya dicetak di Yogyakarta. ORI sedikitnya sudah dicetak sebanyak lima kali dalam jangka waktu empat tahun antara lain, cetakan I pada 17 Oktober 1945, seri II pada 1 Januari 1947, seri III dikeluarkan pada 26 Juli 1947. Pada masa itu, ORI merupakan mata uang yang memiliki nilai yang sangat rendah jika dibandingkan dengan uang- uang yang dikeluarkan oleh de Javasche Bank. Padahal uang ORI adalah uang langka yang semestinya bernilai tinggi. Pada 8 April 1947, gubernur provinsi Sumatera mengeluarkan rupiah Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera (URIPS). Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. Kepulauan Riau dan Irian Barat memiliki variasi rupiah mereka sendiri, tetapi penggunaannya dihapuskan pada tahun 1964 di Riau dan 1974 di Irian Barat. Krisis ekonomi Asia tahun 1998 menyebabkan nilai rupiah jatuh sebanyak 35% dan membawa kejatuhan pemerintahan Soeharto. Rupiah merupakan mata uang yang boleh ditukar dengan bebas tetapi diperdagangkan dengan penalti disebabkan kadar inflasi yang tinggi. Satuan di bawah rupiah Rupiah memiliki satuan di bawahnya. Pada masa awal kemerdekaan, rupiah disamakan nilainya dengan Gulden Hindia Belanda, sehingga dipakai pula satuan- satuan yang lebih kecil yang berlaku pada masa kolonial. satuan-satuan yang pernah dipakai, namun tidak lagi dipakai karena penurunan nilai rupiah menyebabkan satuan itu tidak bernilai penting. bagi yang ingin mengetahui uang kertas zaman dulu hingga sekarang selengkapnya

Cara mengatasi kesalahan pembaruan saat menginstal aplikasi symbian s60v3 v5

Diposting oleh arriffinesa pada 21:35, 30-Mar-15 • Komentar (6)
ThumbnailAssalamualaikum. tetep semangat walaupun dah banyak yang ngeshare,dari pada bengong lihat bulan bintang... langsung ke topik permasalahan cara mengatasi kesalahan pembaruan!.Gagal instal.update error! Symbian/s60v3 v5 kenapa? Karena terjadi tumpukan file/aplikasi yang sama masih tersisa ngumpet pada sistem hp seperti uler phyton kadang ekornya suka nyangkut . Caranya: instal dulu aplikasi uninstallking.sis nanti akan terlihat semua aplikasi yang terinstal kemudian cari aplikasi... [Baca selengkapnya]

Tema Iphone s60v3

Diposting oleh arriffinesa pada 22:43, 25-Mar-15 • Komentar (2)
ThumbnailAssalamualaikum... dari pada tidak bisa tidur,admin akan bagikan tema buat symbian kamu biar lebih menarik dikit lihat penampakannya: baguskan... ok. Disini sengaja ku bagikan dengan ikhlas dari pada numpuk di memory,langsung comot > tm-iphone-sisx.sis tema ini hampir merubah seluruh icon di hp kamu,oz. Gambar di atas itu udah aku sembunyikan mulai indikator batre,logo operator dll. Kapan2 kita akan bahas... [Baca selengkapnya]

game sepak bola symbian s60v3

Diposting oleh arriffinesa pada 23:16, 11-Peb-15 • Komentar (3)
playfootball2011-1.jpgfifa-07.sisx

cara menutup aplikasi terbuka tanpa aplikasi

Diposting oleh arriffinesa pada 20:25, 23-Mei-14 • Komentar (2)
Assalamualaikum sobat mwb. Lama banget gak ngepost. kali ini saya akan bagikan cara buat nutup aplikasi yang terbuka tanpa aplikasi. buat hp symbian biasanya banyak banget app yang lupa kebuka, tentunya mudah banget, tinggal tekan menu beberapa detik pasti dah keliatan tuh mana yang belum ketutup. Kita Tinggal masuk ke app tersebut lalu menutupnya. Nah sekarang kalo app tersebut bengong tidak... [Baca selengkapnya]

MEMBACA BASMALAH DI KAMAR MANDI YANG TERDAPAT WC.

Diposting oleh arriffinesa pada 20:39, 12-Mar-14 • Komentar (2)
Assalamualaikum wr.wb. telah banyak yang posting di mwb tentang moding,trik.lainnya. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang MEMBACA BASMALAH DI DALAM KAMAR MANDI. YANG DI SITU TERDAPAT WC. Karena kemarin saya mendapati postingan yang banyak tidak fahaman tentang hal ini. disini saya akan mengulas sedikit.bahwa melakukan sesuatu harus di awali dengan niat dan membaca basmalah/sebelum niat harus membaca basmalah .NIAT... [Baca selengkapnya]

operamini 4.2 handler

Diposting oleh arriffinesa pada 17:25, 22-Mei-13 • Komentar (0)
screenshot0001.jpg

Met sore sob. Dari pada nganggur gk ada kerjaan. Mendingan aku post operamini java buat kalian yang pengen browsing dengan mencoba pakai bug baru. Silahkan download
versi jar
versi zip

proxy: yang penting konek
langsung sedot

udah segitu aja. Mau mandi dulu biggrin

Tips Menangkal Radiasi Ponsel

Diposting oleh arriffinesa pada 16:42, 16-Mei-13 • Komentar (0)
ThumbnailTips Menangkal Radiasi Ponsel Hasil penelitian terbaru dari WHO mengungkapkan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Simak 8 kiat mengurangi radiasi tersebut yang dikutip detikINET dari eHow, Rabu (1/6/2011): 1. Gunakan Headset Inilah cara yang paling mudah untuk menangkal ancaman radiasi ponsel. Tentu saja, kita tidak... [Baca selengkapnya]